Ilmu Administrasi Bisnis UPN "Veteran" Yogyakarta

KSM PEMASARAN

KSM PEMASARAN merupakan organisasi kemahasiswaan non struktural dari jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, yang dipercaya menjalankan amanah besar dari mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Karena begitu besar amanah tersebut maka harus dilakukan upaya strategis yang baik demi optimalisasi sumber daya agar dapat menjaga amanah tersebut.

Kelompok studi mahasiswa pemasaran adalah sekelompok mahasiswa yang tertarik dalam mempelajari dan mendalami bidang pemasaran. Mereka biasanya membentuk kelompok studi untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan melakukan riset atau proyek bersama terkait pemasaran.

VISI KSM Pemasaran

“Kelompok Studi Mahasiswa Pemasaran sebagai wadah mewujudkan akademisi Administrasi Bisnis yang berwawasan keilmuan luas, terampil, dan kreatif dalam bidang pemasaran, dengan dilandaskan pada asas kekeluargaan dan profesionalitas.”

MISI KSM Pemasaran

  1. Membangkitkan dan menyatukan semangat rasa kekeluargaan antar internal KSM Pemasaran, guna menciptakan integritas dan solidaritas organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
  2. Memberikan pengetahuan dan pemahaman, baik dalam bentuk praktis maupun teoritis di bidang pemasaran dalam bisnis dengan segala kegiatan yang menunjang, khususnya bagi anggota KSM Pemasaran dan akademisi pada umumnya.
  3. Membentuk anggota KSM Pemasaran yang kritis, rajin, berani membuat perbedaan, dan menjadi agen perubahan.
  4. Memperluas jaringan kerja sama baik di dalam lingkungan kampus maupun di luar lingkungan kampus.
  5. Membentuk anggota KSM Pemasaran yang bertanggung jawab, disiplin, dan tangguh sehingga mampu meneruskan kepengurusan KSM Pemasaran.

Struktur organisasi KSM Pemasaran

Tugas Pokok dari Organ terstruktur

Ketua

  1. Mengatur, mengarahkan, dan menentukan kebijakan dan strategi KSM PEMASARAN berdasarkan musyawarah pada Rapat Pengurus.
  2. Memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan organisasi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan KSM PEMASARAN.
  3. Mewakili KSM PEMASARAN dalam menjalin hubungan dengan pihak lain (eksternal) yang terkait dalam menjalankan tugas.
  4. Berkonsolidasi dengan Organisasi Kemahasiswaan dan Pembina Kemahasiswaan yang terkait dalam menjalankan tugas.
  5. Memimpin rapat-rapat, baik Rapat Pimpinan, Rapat Pengurus, dan Rapat Besar.
  6. Menandatangani surat-surat atau dokumen yang terkait dalam menjalankan tugas organisasi.
  7. Bersama-sama Bendahara I dan Bendahara II, merancang anggaran belanja yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas organisasi.

Wakil Ketua

  1. Bersama-sama Ketua, Wakil Ketua membantu mengatur, mengarahkan, dan menentukan kebijakan dan strategi KSM PEMASARAN berdasarkan musyawarah pada Rapat Pengurus.
  2. Bersama-sama Ketua, Wakil Ketua membantu memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan organisasi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan KSM PEMASARAN.
  3. Mengantikan Ketua dalam memimpin rapat-rapat, baik Rapat Pimpinan,Rapat Pengurus, dan Rapat Koordinasi.
  4. Bersama-sama Ketua, Wakil Ketua mewakili KSM PEMASARAN untuk membuat persetujuan/kesepakatan dengan pihak lain setelah mendapatkan kesepakatan dalam Rapat Pengurus KSM PEMASARAN.
  5. Mengantikan Ketua mewakili KSM PEMASARAN dalam menghadiri acara tertentu atau agenda lainnya.
  6. Bersama Ketua, Wakil Ketua mengawasi seluruh penyelenggaraan program kegiatan terkait kerja organisasi.
  7. Bersama-sama Ketua, Bendahara I dan Bendahara II, merancang anggaran belanja yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas organisasi.

Sekretaris 1

  1. Bersama-sama Ketua dan Wakil Ketua, Sekretaris I membantu mengatur, mengarahkan, dan menentukan kebijakan dan strategi KSM PEMASARAN berdasarkan musyawarah pada Rapat Pengurus.
  2. Melaksanakan pengelolaan surat masuk dan surat keluar; pengelolaan inventaris KSM PEMASARAN; pengelolaan berita acara; pengelolaan notulensi; dan pendokumentasian terkait kerja organisasi.
  3. Melakukan pengawasan secara rutin terkait administrasi dan kesekretariatan.
  4. Membantu Kepala Divisi dalam pembuatan proposal kegiatan dan laporan pertanggung jawaban terkait kerja organisasi.
  5. Membantu sekretaris Kepanitiaan terkait pelaksanaan program kerja organisasi.
  6. Melakukan koordinasi dengan keskretariatan PH-HUMANIS, KSM INVESTASI, Jurusan, maupun Fakultas apabila terjadi perubahan sistematika kesekretariatan.

Sekretaris 2

  1. Mewakili Sekretaris I apabila berhalangan, terutama untuk setiap aktifitas kesekretariatan dan tata kerja organisasi.
  2. Bersama-sama Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris I, Sekretaris II membantu mengatur, mengarahkan, dan menentukan kebijakan dan strategi KSM PEMASARAN berdasarkan musyawarah pada Rapat Pengurus.
  3. Membantu Sekretaris I dalam pelaksanakan pengelolaan surat masuk dan surat keluar; pengelolaan inventaris KSM PEMASARAN; pengelolaan berita acara; pengelolaan notulensi; dan pendokumentasian terkait kerja organisasi.
  4. Membantu Sekretaris I dalam pengawasan secara rutin terkait administrasi dan kesekretariatan.
  5. Bersama Sekretaris I melakukan koordinasi dengan keskretariatan PH- HUMANIS, KSM INVESTASI, Jurusan, maupun Fakultas apabila terjadi perubahan sistematika kesekretariatan.
  6. Bersama Ketua, Sekretaris II menandatangani surat-surat atau dokumen yang terkait dalam menjalankan tugas organisasi, jika Sekretaris I berhalangan/tidak dapat menandatangani surat-surat atau dokumen terkait kerja organisasi.

Bendahara 1

  1.  Bersama-sama Ketua dan Wakil Ketua, Bendahara I membantu mengatur, mengarahkan, dan menentukan kebijakan dan strategi KSM PEMASARAN berdasarkan musyawarah pada Rapat Pengurus.
  2. Melaksanakan pengelolaan keuangan; pengelolaan sumber dana; pengalokasian dana; dan pengadaan kebutuhan barang terkait kerja organisasi.
  3. Melakukan pengawasan secara rutin terkait pengelolaan keuangan dalam kerja organisasi.
  4. Membuat laporan arus kas dan merinci setiap pemasukan dan pengeluaran kas terkait kerja organisasi.
  5.  Melakukan pendokumentasian/arsip terkait bukti-bukti pemasukan dan pengeluaran kas terkait kerja organisasi.
  6.  Membantu Kepala Divisi dalam pembuatan rencana anggaran program kerja setiap divisi
  7. Melakukan koordinasi dengan Kepebendaharaan PH-HUMANIS, KSM INVESTASI, Jurusan, maupun Fakultas apabila terjadi perubahan sistematika perbendaharaan atau keuangan/anggaran.

Bendahara 2

  1. Mewakili Bendahara I apabila berhalangan, terutama untuk setiap aktifitas kepebendarahaan organisasi.
  2. Bersama-sama Ketua, Wakil Ketua dan Bendahara I, Bendahara II membantu mengatur, mengarahkan, dan menentukan kebijakan dan strategi KSM PEMASARAN berdasarkan musyawarah pada Rapat Pengurus.
  3. Membantu Bendahara I dalam melaksanakan pengelolaan keuangan; pengelolaan sumber dana; pengalokasian dana; dan pengadaan kebutuhan barang terkait kerja organisasi.
  4. Membantu Bendahara I dalam melakukan pengawasan secara rutin terkait pengelolaan keuangan dalam kerja organisasi.
  5. Membantu Bendahara I dalam membuat laporan arus kas dan merinci setiap pemasukan dan pengeluaran kas terkait kerja organisasi.
  6. Membantu Bendahara I dalam melakukan pendokumentasian/arsip terkait bukti-bukti pemasukan dan pengeluaran kas terkait kerja organisasi.
  7. Bersama Bendahara I melakukan koordinasi dengan Kepebendaharaan PH-HUMANIS, KSM INVESTASI, Jurusan, maupun Fakultas apabila terjadi perubahan sistematikak epebendaharaan atau keuangan/anggaran.

KPM

Divisi Kajian dan Pengembangan Marketing mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai divisi yang bertanggung jawab melakukan kegiatan kajian dan pengembangan mengenai pemasaran dan bisnis melalui literasi, diskusi,

pelatihan atau edukasi yang dapat mengembangkan pengetahuan dan keahlian di bidang pemasaran dan bisnis bagi internal maupun eksternal KSM PEMASARAN. Kemudian menyampaikan laporan, hasil, evaluasi, saran, dan pertimbangan sesuai bidang kerja Divisi Kajian dan Pengembangan Marketing kepada Ketua KSM PEMASARAN untuk kepentingan dan perkembangan organisasi.

Medkom

Divisi Media dan Komunikasi mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai divisi yang bertanggung jawab melakukan kegiatan pengelolaan media sosial, dokumentasi dan publikasi informasi terkait kerja organisasi melalui media- media yang dimiliki oleh KSM PEMASARAN, sebagai sarana pelatihan bagi akademisi terkait Media dan Komunikasi, dan membantu Ketua KSM PEMASARAN terkait komunikasi dengan pihak eksternal KSM PEMASARAN. Kemudian menyampaikan laporan, hasil, evaluasi, saran, dan pertimbangan sesuai bidang kerja Divisi Media dan Komunikasi kepada Ketua KSM PEMASARAN untuk kepentingan dan perkembangan organisasi.

KK

Divisi Kreativitas dan Kewirausahaan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai divisi yang bertanggung jawab melakukan kegiatan pengembangan daya cipta dan potensi kewirausahaan melalui pelatihan, edukasi, kompetisi, atau praktek maupun media lain yang dapat mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang kreatif di bidang pemasaran dan kewirausahaan bagi internal maupun eksternal KSM PEMASARAN. Kemudian menyampaikan laporan, hasil, evaluasi, saran, dan pertimbangan sesuai bidang kerja Divisi Kreativitas dan Kewirausahaan kepada Ketua KSM PEMASARAN untuk kepentingan dan perkembangan organisasi.

PSDM

Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai divisi yang bertanggung jawab melakukan kegiatan pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia melalui pembinaan, pelatihan, diskusi, atau edukasi yang dapat mengembangkan kompetensi diri dan berorganisasi bagi Pengurus dan Anggota KSM PEMASARAN dalam rangka mencapai tujuan organisasi, menciptakan solidaritas rasa kekeluargaan, dan mempersiapkan kader kepengurusan untuk periode berikutnya. Kemudian menyampaikan laporan, hasil, evaluasi, saran, dan pertimbangan sesuai bidang kerja Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia kepada Ketua KSM PEMASARAN untuk kepentingan dan perkembangan organisasi.

Link Sosial Media

Instagram: @ksmpemasaranupnyk

Youtube: KSM Pemasaran

Email: kelompokstudipemasaran@gmail.com