Ilmu Administrasi Bisnis UPN "Veteran" Yogyakarta

Deskripsi Kurikulum

Kurikulum yang menjadi pedoman penyelenggaraan program studi dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Tinggi pada Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta telah dikembangkan sesuai dengan amanat  Undang-Undang No 12 tahun 2012 dan Permenristekdikti No 03 tahun 2020 dengan mengacu pada  Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia dan keterampilan.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan rumusan kompetensi lulusan Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis yang telah telah disusun dengan memperhatikan profil lulusan, Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk CP Sikap dan CP Ketrampilan Umum. Adapun untuk CP Pengetahuan dan CP Ketrampilan Khusus dirumuskan oleh jurusan dan dikaji bersama Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis (AIABI) yang meliputi tiga domain ketrampilan khusus : (1) Ketatapamongan (Governance); (2) Insiasi Bisnis baru (Start-up Business) dan (3) Pengelolaan Organisasi Bisnis (Managing Business).

Sikap
S1Mampu menerapkan nilai-nilai religiusitas, kebangsaan, bela negara, dan etika profesionalisme
Keterampilan Umum
KU1Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam melaksanakan program, supervisi, dan evaluasi di bidang keahliannya melalui penerapan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif.
KU2Mampu menyusun karya tulis ilmiah sebagai bentuk deskripsi saintifik yang dilaksanakan sesuai dengan etika akademik dalam menyampaikan hasil kajian
KU3Mampu bekerja sama secara kelompok dalam memelihara hubungan kerja dengan  pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
Pengetahuan
P1Mampu menganalisis secara mendalam menggunakan teori administrasi, corporate governance, teori ekonomi, sistem politik, bisnis jasa dan manufaktur dalam menyelesaikan masalah bisnis
P2Mampu mengaplikasikan teori-teori kedalam praktek bisnis yang berlandaskan kreativitas, inovasi, dan pemanfaatan teknologi informasi
P3Mampu menerapkan pengetahuan di bidang bisnis serta fungsi dan manfaat teknologi informasi yang relevan dalam melaksanakan bisnis.;
P4Mampu menggunakan metode pengambilan, pengolahan, dan analisis data yang tepat–baik secara kualitatif maupun kuantitatif–dalam penyelesaian masalah bisnis
P5Mampu menguasai prinsip dan teknik komunikasi persuasif lintas organisasi dan lintas budaya di bidang bisnis.
Keterampilan Khusus
KK1Mampu mengevaluasi implikasi suatu kebijakan dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dalam bentuk format evaluasi yang terstandarisasi.
KK2Mampu merumuskan solusi permasalahan di bidang bisnis  berdasarkan pendekatan analitis dan sistematis dalam menyelesaikan permasalahan.
KK3Mampu memformulasikan bisnis baru yang inovatif berdasarkan assessmen berbagai risiko dan peluang dalam lingkungan global.
KK4Mampu memformulasikan strategi bisnis yang fungsional dalam konteks pemanfaatan teknologi baik dalam model bisnis konvensional maupun digital dalam pengembangan bisnis.
KK5Mampu mengimplementasikan teori dibidang bisnis ke dalam studi kasus bisnis

Bahan Kajian

Penentuan bahan kajian pada Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, UPN “Veteran” Yogyakarta,  selain didasarkan peraturan pemerintah dan  peraturan universitas juga didasarkan oleh rumpun keilmuan yang menjadi ciri dari Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis , FISIP, UPN “Veteran” Yogyakarta, yaitu studi pada pengembangan ide yang kreatif, inovatif, dan solutif.

Bahan KajianDeskripsi
Administrasi BisnisMelalui bahan kajian ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pengelolaan organisasi bisnis (perusahaan) secara profesional, mulai dari perumusan kebijakan perusahaan sampai dengan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR)
Keuangan BisnisMelalui bahan kajian ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep manajemen keuangan. Ruang lingkup manajemen keuangan meliputi: Keputusan investasi, Keputusan pendanaan dan Keputusan deviden. Dalam keuangan bisnis.
Manajemen Pemasaran Melalui bahan kajian ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep, teori, prinsip, dan praktik manajemen pemasaran. Mahasiswa mampu merumuskan proses pemasaran, analisis lingkungan pemasaran, pasar konsumen dan perilaku pembelian bisnis, desain dan strategi bauran pemasaran, produk, jasa, dan merek, pengembangan produk dan siklus hidup produk, etika, dan tanggungjawab.
AkuntansiMahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar akuntansi dan menyusun laporan keuangan perusahaan sederhana yang sesuai dengan standar Akuntansi Keuangan yang berlaku.
Kreativitas dan InovasiMahasiswa mampu menjelaskan bagaimana inovasi dan kreativitas yang bisa di manage secara personal maupun kelembagaan. Mahasiswa juga diharapkan mampu mengaplikasikan ide-ide inovasi yang dituangkan dalam bisnis yang dikelola, dan mempertahankan bisnis dengan ide inovatif dari sisi produk, strategi, dan kolaborasi.
Metode Penelitian BisnisMahasiswa mampu mengaplikasikan prinsip dan prosedur penelitian sebagai alat untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan mengorganisasikan serta mengendalikan berbagai masalah yang muncul dalam dinamika kehidupan bisnis.
PerpajakanMahasiswa mampu menjelaskan teori dasar pemungutan pajak dan peraturan perundang- undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Bahan kajian meliputi: Ketentuan umum dan Tatacara perpajakan, Pajak daerah, Pajak bumi dan bangunan, Bea perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan, Bea Materai, Pajak Pertambahan NIlai, Pajak Penjualan Barang Mewah, dan Pajak Penghasilan.
OperasiMahasiswa memahami konsep siklus kegiatan operasional dari sebuah perusahaan serta dapat menganalisa metode kuantitatif yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan operasional yang efisien dan efektif.
Ilmu OrganisasiMahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep dan teori organisasi bisnis (perusahaan). Mulai dari konsep dan teori umum, lingkungan, budaya, sampai dengan mengelola perubahan organisasi.