HUMANIS

HUMANIS merupakan organisasi kemahasiswaan non struktural dari Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis yang berdiri sejak tahun 1995. Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta mempunyai tujuan yaitu menampung seluruh elemen mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis menuju kehidupan kampus yang bertanggungjawab dan demokratisasi. Sebagai organisasi kemahasiswaan yang menyadari akan hak, kewajiban, dan kedudukan untuk melestarikan semangat disiplin, kejuangan kerakyatan dan kreatifitas sekaligus sebagai wahana untuk melatih diri, mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta berketetapan untuk menghimpun diri dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

VISI

Terwujudnya wadah aspirasi dan pengembangan mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis yang berasaskan majemuk dan gotong royong serta berprinsip kekeluargaan.

 

MISI

  1. Menampung serta memperjuangkan aspirasi mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis.
  2. Pengembangan pola pikir penalaran, keilmuan, minat, bakat, kreativitas, dan kepemimpinan mahasiswa serta pola tindak organisasi.
  3. Sebagai Bargaining Position(posisi tawar) mahasiswa ditingkat Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, tingkat Fakultas, tingkat Universitas maupun dalam lingkungan masyarakat
  4. Sebagai mitra kerja antara lembaga kemahasiswaan Keluarga Mahasiswa UniversitasPembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan birokrasi
  5. Menjaga harmonisasi dalam lingkungan Mahasiswa Administrasi Bisnis sesuai dengan prinsip kekeluargaan melalui slogan “We Are Family”.

 

Elemen struktur HUMANIS Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta terdiri dari:

  1. Pengurus Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO).

Dewan Pertimbangan Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis (DPO HUMANIS) adalah demisioner HUMANIS yang masih terdaftar sebagai Mahasiswa Aktif dan memiliki kompetensi dalam pengembangan Organisasi. Ketua DPO HUMANIS dipilih oleh mahasiswa dalam forum tertinggi HUMANIS yaitu Musyawarah Besar. Sebagai organ tertinggi dalam bagan struktur HUMANIS, DPO berfungsi melakukan pengawasan serta berkoordinasi dengan PH-HUMANIS dan kedua KSM HUMANIS.

  1. Pengurus Harian HUMANIS.

Pengurus harian HUMANIS Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta adalah mahasiswa aktif yang diberi kewenangan untuk menjalankan fungsi eksekutif di tingkat Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Ketua dipilih oleh mahasiswa melalui Pemilu Raya Mahasiswa (PEMURA). Berfungsi sebagai pelaksana konstitusi PH-HUMANIS.

  1. Pengurus Kelompok Studi Mahasiswa HUMANIS yang terdiri dari Kelompok Studi Mahasiswa Investasi dan Kelompok Studi Mahasiswa Pemasaran.

Kelompok Studi Mahasiswa adalah wadah bagi seluruh mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis untuk menyalurkan minat dan bakat, yang terdiri dari Kelompok Studi Mahasiswa Investasi dan Kelompok Studi Mahasiswa Pemasaran. Berfungsi sebagai pengelolaan minat dan bakat mahasiswa di bidang investasi, dan pemasaran, riset dasar keilmuan khususnya pada bidang investasi, dan pemasaran, serta pengembangan ide – ide bisnis dalam praktek investasi, dan pemasaran.

  1. Anggota (mahasiswa aktif Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis).

Anggota HUMANIS adalah seluruh mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yang tercatat masih aktif.

 

PH-HUMANIS PERIODE 2019

Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis adalah yang diberi kewenangan dalam mengelola organisasi berdasarkan bidang kerja yang diputuskan oleh Ketua Umum Pengurus Harian HUMANIS. Ketua dan Wakil Ketua PH-HUMANIS dipilih oleh mahasiswa melalui Pemilihan Umum Raya (PEMURA). Unsur-unsur didalamnya meliputi:

  • Top Level Manajemen

Top level manajemen terdiri dari Jajaran Presidium yang merupakan manajemen tertinggi dalam dalam manajerial kepengurusan organisasi serta pengarah, pengatur strategi dan pengambil kebijakan secara keseluruhan organisasi.

Jajaran Presidium terdiri dari : Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris I, Sekretaris II, Bendahara I, dan Bendahara II.

  • Middle Level Manajemen

Middle level Manajemen bertugas membantu Top Level manajemen membuat kebijakan dan strategi organisasi serta mengimplementasikan strategi, kebijakan yang di ambil Top Level Manajemen. Dan menyusun program kerja serta mengawasi kinerja dari First Line Manajemen.

Middle Level Manajemen terdiri dari : Jajaran Kepala Bidang

  • First Line Manajemen

First Line Manajemen berfungsi memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang diambil top dan middle manajemen telah di jalankan dengan baik. Selain itu juga punya andil dan turut serta dalam proses pengimplementasian strategi dan program kerja yang telah di sepakati dan ditetapkan oleh top dan middle manajeman pada rapat kerja organisasi.

Pengurus adalah keseluruhan anggota yang menjalankan kepengurusan selama satu periode dan legitimasi keabsahan sebagai anggota tercantum dalam surat keputusan (SK) pelantikan.

Pada kepengurusan PH-HUMANIS Periode 2019 terbagi menjadi 6 bidang kerja yaitu Bidang Advokasi, Bidang Edukasi, Bidang Kaderisasi, Bidang Kominfo, Bidang Mikat dan Bidang PSDI, dengan keseluruhan jumlah pengurus sebanyak 36 orang. Berikut merupakan fungsi dari organ Struktur PH-HUMANIS Periode 2019.

  • Ketua : Mengatur, mengarahkan, dan menentukan kebijakan dan strategi secara keseluruhan organisasi; Berkoordinasi dengan Sekretaris I, Sekretrais II, Bendahara I, Bendahara II dan Para Kepala Bidang; Berkonsolidasi dengan Organisasi Kemahasiswaan lainnya dan Pembina Kemahasiswaan; Menyampaikan Laporan Evaluasi dalam Musyawarah.
  • Wakil Ketua : Membantu Ketua dalam merumuskan Kebijakan dan Strategi Organisasi; Membantu Ketua dalam Pelaksanaan Urusan PH-HUMANIS seluruh Bidang Kerja; Pengawasan atas pelaksanaan tugas bidang-bidang kerja; Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan dibidang tugas dan fungsi Ketua.
  • Sekretaris I dan II : Membantu Ketua dan Wakil Ketua dalam pengelolaan Administrasi dan Inventaris PH-HUMANIS; Sebagai Pengatur Strategi dan Pengambilan Keputusan Organisasi bersama Ketua, Wakil Ketua, Bendahara I dan Bendahara II; Pemantauan dan Evaluasi serta penyampaian analisis atas pelaksanaan program dan kegiatan organisasi.
  • Bendahara I dan II : Membantu Ketua dan Wakil Ketua dalam pengelolaan Financial PH-HUMANIS; Pengelolaan Sumber Dana dan Pengalokasian Dana PH-HUMANIS; Pemantauan dan Evaluasi serta penyampaian analisis atas pelaksanaan program dan kegiatan organisasi.
  • Bidang Advokasi : Membantu Ketua dan Wakil Ketua dalam pelaksanaan kegiatan advokasi baik internal maupun eksternal HUMANIS; Menjadi pembicara dan penghubung antara pengurus harian HUMANIS dengan organisasi lain dan masyarakat maupun birokrasi; Pengawasan dalam pelaksanaan tugas ; Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Ketua dan Wakil Ketua.
  • Bidang Edukasi : Membantu Ketua dan Wakil Ketua dalam pelaksanaan kegiatan diwilayah pengembangan ilmu pengetahuan (Akademik) dan Teknologi; Menyebarluaskan pengetahuan dan teknologi kepada mahasiswa(i) terkhusus pada masyarakat umum; Pengawasan dan pelaksanaan tugas edukasi; Penyampaian Laporan, Hasil, Evaluasi, Saran dan Pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Ketua dan Wakil Ketua.
  • Bidang Kaderisasi : Membantu Ketua dan Wakil Ketua dalam pelaksanaan kegiatan diwilayah pembinaan kader-kader HUMANIS; Pengawasan dalam pelaksanaan tugas kaderisasi ; Penyampaian Laporan, Hasil, Evaluasi, Saran dan Pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Ketua dan Wakil Ketua.
  • Bidang Kominfo  : Membantu Ketua dan Wakil Ketua dalam pelaksanaan kegiatan Komunikasi dan Informasi baik di internal maupun eksternal HUMANIS; Pengawasan dalam pelaksanaan tugas; Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Ketua dan Wakil Ketua.
  • Bidang Minat dan Bakat : Membantu Ketua dan Wakil Ketua dalam pelaksanaan kegiatan minat dan bakat di internal maupun eksternal HUMANIS; Pengawasan dalam pelaksanaan tugas; Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Ketua dan Wakil Ketua.
  • Bidang Pengembangan Sumber Daya Internal : Membantu Ketua dan Wakil Ketua dalam pelaksanaan kegiatan pengkaderan dalam internal PH-HUMANIS, Mengemplementasilan sejumlah analisis tentang kebutuhan SDM Internal PH-HUMANIS, Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan dibidang tugas dan fungsinya kepada Ketua dan Wakil Ketua.

Berita HUMANIS