Deskripsi Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah Administrasi Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

 

Pendidikan Agama

Mata kuliah ini membentuk karakteristik mahasiswa yang memiliki religiusitas melalui pendalaman akan makna agama dan beragama. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan mengoperasikan bisnis sesuai dengan kaidah agama masing-masing.

 

Pendidikan Pancasila

Mata kuliah ini akan berfokus pada hakekat Pancasila, makna serta relevansinya dalam praktik kewarganegaraan. Mata kuliah ini juga akan membahas secara reflektif setiap pasal dalam Pancasila. Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang sejarah, perkembangan, makna, serta relavansi Pancasila dalam kehidupan sebagai warga negara dan kehidupan sehari-hari pada khususnya. Mahasiswa juga diharapkan mampu meletakan Pancasila dalam realitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Bahasa Indonesia

Mata kuliah ini mempelajari hakekat penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis karya ilmiah. Mata kuliah ini mengajarkan mengenai hakekat menulis karya ilmiah dan kelaziman dalam penulisan ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menuangkan ide atau gagasan dalam bahasa Indonesia secara logis, baik dan benar.

 

Pengantar Administrasi

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai ruang lingkup administrasi, pengertian administrasi, fungsi administrasi, perkembangan ilmu administrasi, administrasi dan manajemen, organisasi, koordinasi dan komunikasi, perencanaan, pengawasan, hubungan antar manusia dan pengambilan keputusan

 

 

Pengantar Bisnis

Mata kuliah yang memberikan pengertian dasar dan pengenalan pada pemahaman bisnis. Pemahaman tersebut bukan hanya bersifat definisi, melainkan aplikasinya serta fator-faktor lain yang berhubungan. Pemahaman mengenai bisnis akan mencakup fungsi bisnis meliputi pemasaran, sumberdaya manusia, operasi, keuangan dan akuntansi serta dasar strategi bisnis yang mampu dipergunakan untuk menganalisis dan memilih bentuk badan hukum dan model organisasi bisnis yang tepat dalam memenangkan kompetisi bisnis yang akan dihadapi.

 

Pengantar Corporate Governance

Mata kuliah ini memberikan pengertian dan model corporate governance prinsip prinsip, perkembangan dan implementasinya  dalam organisasi bisnis.

 

Dasar-dasar Organisasi

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pengertian, fungsi, teori, struktur organisasi dan jenis organisasi, teori pembentukan kelompok, interaksi antar individu, interaksi kelompok dalam organisasi. Mata kuliah ini juga mencakup pembahasan tentang perkembangan organisasi.

 

Pendidikan Kewarganegaraan

Mata kuliah ini membahas posisi warganegara, korporasi, dan negara, sebagai sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan daya saing bangsa. Mata kuliah ini menjelaskan tentang hak-hak dan kewajiban warga negara, peranan bisnis dalam mencapai tujuan nasional. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa akan mempunyai identitas diri sesuai dengan identitas bangsa Indonesia, agar dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa melalui kegiatan bisnis.

 

Kreatifitas dan Inovasi

Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang hakekat kreativitas dan inovasi, memberikan pemahaman tentang kondisi-kondisi yang merangsang serta mengembangkan kreativitas dan inovasi.  Melalui matakuliah ini para mahasiswa memperoleh pengetahuan dan cara-cara pengembangan kreativitas untuk menjadi sebuah inovasi yang dapat dipertanggungjawabkan.  Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa memiliki kesadaran, pengetahuan serta kemampuan untuk mengembangkan daya kreativitas dan inovasi dalam pengelolaan bisnis.

 

Kewirausahaan

Mata kuliah ini membahas bagaimana menciptakan dan mengembangan usaha agar dapat menjadi wirausaha yang berhasil dengan pokok bahasan meliputi: inti dan hakekat kewirausahaan, ciri dan perilaku, faktor-faktor penentu, pengidentifikasian peluang dan melakukan transformasi menjadi aktivitas bisnis yang bernilai tambah, pengidentifikasian beragam model dan cara memasuki dunia usaha. Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar, menerapkan dan mengembangkan kewirausahaan.

 

Manajemen Perubahan

Mata kuliah ini mencakup bidang bahasan yang berkaitan dengan tatakelola perubahan dalam organisasi bisnis dengan melakukan pembahasan pada urgensi, ruang lingkup perubahan, kemudian dilanjutkan dengan proses perubahan dari perspektif individual, kelompok dan organisasi dan pengenalan pada metode dan teknik pengelolaan perubahan serta evaluasi atas perubahan. Adapun dalam melakukan perubahan organisasi ditekankan pada empat dimensi, yaitu mengapa orang berorganisasi (why); apa sesungguhnya esensi dari perubahan (what), siapa saja yang terlibat dalam perubahan (who) dan bagaimana sebaiknya perubahan dikelola (how).

 

Akuntansi Keuangan Dasar

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang cara-cara menyusun laporan keuangan perusahaan jasa dan perusahaan dagang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Dalam mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti tentang bagaimana perlakuan akuntansi terhadap akun-akun seperti cash, piutang ( receivable), persediaan (inventory), aktiva tetap, natural resources, aset tak berujud (intangible assets), hutang jangka pendek (current liabilities), hutang jangka panjang (long term debt), modal saham (stockholders’ equity).   Diharapkan mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan tentang gambaran akuntansi manajemen serta mampu juga menyusun laporan arus kas sederhana untuk keperluan pengambilan keputusan.

 

Akuntansi Manajerial

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan teori-teori Akuntansi Manajemen sebagai salah satu tipe akuntansi yang informasinya dipergunakan oleh manajer untuk proses manajemen. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai konsep dan kasus dengan mempergunakan informasi akuntansi manajemen untuk proses manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan.

 

Keuangan Bisnis

Mata kuliah ini merupakan pengantar kearah fungsi keuangan bisnis (kebijakan pendanaan, kebijakan investasi dan kebijakan dividen) Tujuan utamanya untuk memberikan kerangka  berpikir, konsep serta perangkat-perangkat untuk menganalisis keputusan keuangan berdasarkan prinsip dasar teori keuangan modern baik jangka pendek dan jangka panjang. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun fungsi-fungsi keuangan (financing, investing dan dividend)

 

 

Manajemen Pemasaran

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengenai proses dan prinsip–prinsip pemasaran untuk diterapkan pada situasi bisnis nyata. Di dalam kuliah akan dibahas kebijakan dasar dalam penyusunan bauran pemasaran yang terdiri dari strategi produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Sesudah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan bisa memahami dan menerapkan teori dan konsep pemasaran untuk membuat keputusan-keputusan pemasaran dalam organisasi bisnis dengan memperhatikan tantangan dan dinamika yang ada dalam lingkungan pemasaran.

 

Manajemen Operasi

Mata kuliah ini membahas bagaimana mengelola teknologi operasi baik untuk perusahaan manufaktur atau perusahaan jasa.  Mata kuliah ini berpusat pada persoalan dasar yang dihadapi oleh pimpinan perusahaan, yaitu mulai dari menerima masukan (input) dalam bentuk bahan baku dan mentransformasi  secara efisien dan efektif menjadi produk (output) yang memuaskan konsumen. Topik yang dibahas meliputi : analisis kapasitas, lokasi, layout, material handling, tenaga kerja (work-force), penjadualan (scheduling), MRP (Material Requirement Planning). Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu merumuskan dan melaksanakan fungsi-fungsi operasi bisnis.

 

Sistem Informasi Manajemen

Mata kuliah ini memberikan kepada mahasiswa dasar pengetahuan dari teknologi informasi yang digunakan dalam sistem informasi berbasis komputer serta mengajarkan mahasiswa menggunakan pengetahuannya untuk menganalisis bagaimana mengelola teknologi informasi dalam bisnis. Mata kuliah ini membahas bagaimana proses bisnis (business process) dalam suatu organisasi dapat di desain dan keputusan bisnis dapat didukung dengan perspektif teknologi informasi. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami konsep informasi dan mengelola informasi yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan bisnis.

 

Bisnis Internasional

Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada  mahasiswa mengenai perkembangan bisnis internasional serta fungsinya dalam dunia usaha meliputi sejarah dan perkembangannya, perkembangan investasi internasional, aktivitas ekonomi internasional, sistem moneter internasional, dampak lingkungan legal dan politik berbagai negara.

 

Analisis Bisnis

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang analisis bisnis. Mata kuliah ini difokuskan kepada konsep analisis bisnisyangmencakup peranan analis bisnis dalam pengambilan keputusan, analisis risiko, serta teknik- teknik mengumpulkan, menyimpan, mengatur, dan mengkonstruksi data yang dibutuhkan. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami bagaimana cara-cara menganalisis bisnis dalam rangka menyusun strategi.

 

Komunikasi dan Negosiasi Bisnis

Mata kuliah ini mengajarkan teknik berkomunikasi dan negosiasi dalam konteks bisnis agar mahasiswa dapat memahami dan mendemontrasikan fungsi komunikasi dan negosiasi bisnis yang efektif; seperti merancang dan melaksanakan pesan yang efektif kepada pemangku kepentingan, mengembangkan kemampuan negosiasi bisnis yang komprehensif, merancang komunikasi   dan melaksanakan penyampaian pesan yang efektif kepada pemangku kepentingan. Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa mampu merancang pesan komunikasi bisnis dan menyampaikannya secara efektif dan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah, mencari solusi, inovasi, serta kemampuan berpikir kreatif dalam bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

 

Perencanaan dan Pengembangan Bisnis

Mata kuliah ini mengkaji teori dan aplikasi pengembangan bisnis. Lebih spesifik difokuskan kepada pengembangan bisnis yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemungkinan pertumbuhan yang tinggi di masa depan. Pembahasan mencakup tiga unsure yang saling terkait : perancangan bisnis (businessdesign), perencanaan bisnis (business plan), hingga persuasi serta penyajian proposal bisnis didepanpara calon investor. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun rancangan bisnis dan pengembanganya.

 

Statistik Bisnis

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagaimana mengumpulkan, mengelola, menganalisa, menginterpretasi, serta menyajikan data statistik secara tepat.

 

Etika Bisnis

Mata kuliah ini membahas perlunya peningkatan kepekaan etis utamanya di kalangan bisnis. Mata kuliah ini menjelaskan teknik analisis “stakeholders” untuk mencapai keseimbangan (balanced scorecard) antara kinerja ekonomis dan kinerja etis, kepedulian terhadap karyawan, pelanggan, masyarakat sekitar, umat manusia, generasi penerus dan lingkungan alam; bahwa sikap menjunjung tinggi hokum (legalisme) saja tidak mencukupi untuk meningkatkan kinerja etis, sehingga utilitrisme, hak asasi manusia dan keadilan perlu dijadikan patokan etis untuk mengukur perilaku administrasi bisnis. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu membuat keputusan bisnis yang berdimensi etis.

 

Ekonomi Bisnis

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai konsep-konsep ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro secara komprehensif untuk membantu mahassiswa dalam pengambilan keputusan bisnis. Pengambilan keputusan harus didasarkan kepada analisis mengenai industri dan kondisi suatu negara secara keseluruhan.

 

Hukum Bisnis

Mata kuliah ini dapat memberikan pengetahuan dan pamahaman tentang peranan hukum dalam hubungan masyarakat, kaidah yang berlaku serta sistem hukum perdata dan pidana yang berlaku.

 

Metode Penelitian Bisnis

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan mengenai bagaimana metode penelitian yang baik dan benar, sehingga hasil karya ilmiahnya dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan dapat diaplikasikan secara aktual.

 

Riset Operasi

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara-cara pengambilan keputusan sesuai dengan model matematis dan pemrograman untuk  pengambilan keputusan.

 

Perilaku Organisasi

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang mekanisme terbentuknya perilaku individu dan kelompok dalam organisasi. Mata kuliah ini membahas aspek teoritis dan konseptual mengenai perilaku individu dan kelompok dalam konteks dinamika organisasi agar mahasiswa dapat memahami dan mengidentifikasi perilaku individu, perilaku kelompok, dan dinamika organisasi dalam upaya peningkatan produktivitas dan kepuasan kerja. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami dan mengidentifikasi dan mempengaruhi perilaku individu, perilaku kelompok, dan dinamika organisasi dalam upaya peningkatan produktivitas dan kepuasan kerja.